Rabu, 18 Mei 2016

hai kawan lihat sini aku memposting tentang trouble shooting pada pc



TROUBLESHOOTING PADA KOMPUTER

1.      Troubleshooting PC ataukomputermati total, surakipastidakmenyalapastikankabelselaluterpasang. Jikabelummenyalapastikankabelkonektor, jikakeduanyatidakbisakemungkinankerusakanpada power supply. Troubleshotting PC menyalatetapitidakmengeluarkangambaratautampilan, cekkabel VGA terpasangatautidakpada motherboard, pastikan RAM merekatpada motherboard. Jikatidakmaumenyala juga kemungkinankerusakan di VGA card. Jika VGA benarberarti slot VGA nya yang rusaktetapikitamasihbisamenggunakan slot VGA onboard pada motherboard. Bersihkan VGA dan RAM menggunakanpenghapuspensil.
Jika PC gagal reboot ataselalu restart kemungkinanada yang salahdalamharddiskuntukmengeceknyapertamamatikanterlebihdahulu CPU dancekkeduakabelharddisk ,pastikankabelterpasangdenganbenar. Selainharddiskitacek RAM, VGA, Power supply danrapatkanpadamotherboard.Jikamasih reboot kemungkinanpada software nyadanharusdilakukan install ulang OS nya.

2.      Jika PC mati total tidakberbunyi beep atautidakbisa booting lakukanyaitumelepaskansemua pin-pin yang terpasangpada motherboard dansetelahitudimasukankembalidenganbaik. Dilakukan PC dalamkeadaanmatiatautidaktersambungdengansumberlistrik. Setelahitucekkembali PC apakahsudahnormal .

3.      Komputertidakbisa booting, yang pertamayaitukomputertidakmenyaladanhanyaterdengarbunyi beep. Ada beberapabunyi beep diantaranya :
a.      Bunyi beep satu kali tandanyakomputertidakberjalandengan normal
b.      Beep satu kali panjangterdapatmasalah di memory
c.       Beep satu kali panjangdantiga kali pendekkerusakan di VGA card atau VGA card tidakterpasangdengansempurna
d.      Beep satu kali panjangdandua kali pendekterdapatkerusakan di DRAm parity
e.      Beep satu kali panjangterdapatmasalah di RAM mungkinrusak,tidakterpasangdengantepat, mungkinkotordanjikakotorkitadapatmembersihkannyamenggunakanpenghapuspensil
f.        Beep satupanjangdantiga kali pendek , VGA dalamkeadaanrusakatautidaktepatmemasangnya
Jikatelahmengetahuimasalahnyalepaskankomputerdarisumberlistrik, danbukacasenya. Dalampenjelasan di video ini VGA yang mengalamimasalahyaituperhatikan pin-pin VGA danpastikanterpasangdengansempurnacaranyatekan VGA hinggaterpasangdengan pas. Setelahitututupkembalicasenyadannyalakankembalikomputerapakahsudahmenyalakembalidalamkeadaan normal. 


terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar