Kamis, 20 Oktober 2016

contoh komunikasi data dalam kehidupan sehari-hari

contoh komunikasi data dalam kehidupan sehari-hari
TELEVISI
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (“hitam putih”) maupun warna, “Televisi” juga dapat diartikan sebagai kotak televisi, Kata “televisi” merupakan gabungan dari kata tele (τῆλε, “jauh”) dari bahasa Yunani dan visio (“penglihatan”) dari bahasa Latin. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai telekomunikasi yang dapat dilihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia ‘televisi’ secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve atau tipi.

Televisi merupakan media yang dianggap paling mempengaruhi khalayaknya dalam hal penyampaian informasi. Informasi yang diberikan dikemas dalam bentuk sebuah program acara yang dinamakan berita. Permintaan pasar yang tidak pernah surut akan informasi menjadikan berita sebagai program utama di setiap stasiun televisi.

Televisi juga pertama kali di kenal kan tidak seperti saat ini yg sudah ada di pasaran, dahulu televisi berbentuk cembung dan berwarna hitam putih.



Cara kerja televisi Agar dapat bekerja dan menampilkan gambar dari stasiun tv favorit mu, televisi terdiri dari bagaian-bagian yang saling menunjang agar bisa berfungsi. Secara  garis besarnya bagian-bagian televisi berupa Antena, Catudaya (power), Tunner, Rangkain detektor video, Rangkain penguat video, danRangkain Audio.
Berikut ini garis besar cara televisi bekerja:
  •  Antena berfungsi untuk menangkap gelombang yang dipancarkan oleh stasiun televisi
  •  Sinyal yang datang di alirkan menuju ke colokan antena yang ada pada  televisi
  • Sinyal yang datang membawa gelombang suara dan gambar karena gelombang yang di terima antena tv lebih dari satu macam (contoh gelombang stasiun RCTI, ANTV, GLOBAL TV, SCTV, TRANS 7, dll). Sirkuit di dalam televis imemisahkan gelombang ini (berupasuaradangambar) sesuai dengan salurantv yang kamu pilih  kemudian di proses lebih lanjut. Alat pemisah di sebutTunner.
  •  Sirkuit penemba kelektron menggunakan sinyal gambar ini  untuk di proses ulang dengan bantuan kamera tv.
  •   Bagian ini menembakan tiga elektron (merah, birudanbiru) menuju tabung sinarkatoda.  Berkas elektron menerobos suatu cincin elektromagnet. Elektron dapat dikendarai oleh magnit sebab mereka mempunyai elektronnegatif. Dan berkas elektron ini akan bergerak bolakbalik di layar televisi.
  •  Berkas cahaya ini akan diarahkan ke layar yang di beri bahan kimia berupa fosfor. Saat berkas elektron ini mengenai fosfor akan menampilkan titik-titik warna merah, biru, dan hijau. Yang tidak kena tetap bewarna hitam. Kombinasi-kombinasi warna inilah yang menghasilkan gambar di televisi.
  •  Gelombang suara akan di proses pada bagian ini untuk menghilangkan berbagai ganguan.
  •  Sinyal suara yang sudah di saring di keluarkan melalui alat yang di sebut speaker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar